Selasa, 05 April 2011

Pelatihan perawatan jenazah di Perumahan Graha Samudra Asri Kramat Jegu Taman

Hari Ahad  (27/3/2011) bertempat di halaman Perumahan Graha Samudra Asri RT 05 RW 08 Kramat Jegu Taman,  LMI Sidoarjo dan melaksanakan program Pelatihan perawatan jenazah. Program ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian LMI terhadap persoalan di tengah masyarakat, salah satunya adalah kurangnya jumlah anggota masyarakat yang memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam memandikan jenazah di suatu wilayah.

Sehingga ketika ada yang meninggal di wilayah tersebut warga masyarakat kesulitan untuk mengurusnya karena yang memandikan tak ada di wilayah mereka sehingga harus mencari di wilayah lain. Hal ini cukup menyita waktu, sehingga jenazah tidak terurus secepatnya, dengan pelatihan ini diharap dapat menyelesaikan persoalan itu.

Acara pelatihan memandikan jenazah dihadiri tokoh masyarakat, pengurus takmir Masjid Al Karomah dan para peserta Majelis Ta’lim Bapak dan Ibu perumahan Graha samudra Asri Kramat Jegu.  Dalam sambutannya, Bapak Dawud ketua panitia mengucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada LMI Sidoarjo atas terselenggaranya pelatihan perawatan jenazah ini.

Beliau berharap setelah mereka dilatih dapat melanjutkan program ini dengan mengajarkan warga yang lain dilingkungan sekitar tempat tinggal mereka. Bila perlu di masing-masing rukun tetangga ada tim memandikan jenazah baik laki-laki maupun perempuan. " Kami senang di tempat kami ada acara ini, baru kali ada pelatihan perawatan jenazah, sungguh sangat bermanfaat untuk warga." ujar Bapak Agus Supriyanto, ketua RT 05.

Pelatihan dilanjutkan dengan ceramah dan praktek memandikan dan mengkafani jenazah yang disampaikan ustadz Agung Cahyadi, MA anggota Dewan Syariah LMI Jawa Timur. Ustadz Agung Cahyadi  yang tinggal di Delta Permai Sidoarjo tersebut,  sudah dikenal masyarakat Sidoarjo memiliki pengalaman cukup banyak dalam pelatihan perawatan  jenazah dan berdakwah di tengah masyarakat.
Di sesi ini tanya jawab banyak sekali pertanyaan yang dilemparkan peserta kepada pemateri untuk dijawab. Hal ini berkaitan dengan masih minimnya pemahaman masyarakat  tentang tata cara menyelenggarakan jenazah. Mulai dari cara memandikan, mengkafani, menyolatkan, menguburkan sampai dengan mengantarkan jenazah hingga kepemakaman. Ustadz Agung Cahyadi  memaparkan bahwa menyelenggarakan jenazah adalah kewajiban setiap muslim dan hukumnya Fardu Kifayah artinya akan berdosa satu kampung apabila tidak ada satu pun orang yang dapat mengurusi jenazah tersebut. Naudzubillah min dzalik!. Begitu penting dan besarnya pahala bagi orang yang dapat mengurus jenazah.
Dengan berakhirnya pelatihan ini setidaknya para peserta telah mengetahui tentang bagaimana menyelenggarakan jenazah yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Dan Insya Allah dapat diamalkan, Semoga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar